BROADBAND SERVICE
PENDAHULUAN
Definisi Broadband
Pengertian
"broadband" didefinisikan oleh banyak literatur yang beberapa
diantaranya adalah:
- Istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah channel dengan bandwidth yang lebih besar dari bandwidth channel dengan kualitas suara standar. Broadband channel biasanya digunakan untuk membawa multiple high-speed voice dan transmisi data pada lintasan komunikasi biasa.(Sumber: www.convergentnet.com/glossary.html)
- Transmisi data dengan kecepatan lebih dari 56 Kbps (kilo-bytes per second) yang dapat membawa multiple signals dalam waktu yang bersamaan. Semakin besar bandwidth dari sebuah carrier, maka semakin banyak pula jumlah informasi yang bisa dibawanya. (Sumber: www.satellite-tv-hq.com/telecom-glossary-b.htm)
- Istilah untuk koneksi berkecepatan tinggi dan koneksi Internet berkapasitas besar. (Sumber: allinternetnow.com/allnow/ain_terms.htm)
Sedangkan
menurut TIA (Telecommunications Industry Association):
- Broadband mempunyai arti yang berbeda bagi tiap-tiap orang
- Fokusnya adalah kabilitas dan bukannya kecepatan
- Broadband adalah kapasitas dan kecepatan transmisi dua arah yang cukup untuk aplikasi interaktif full-motion video, data dan suara berkualitas tinggi.
Jaringan fixed
line untuk broadband biasanya memberikan service ke suatu titik atau port
tertentu :
- Beberapa device dapat dihubungkan ke service tersebut melalui LAN di rumah atau di perkantoran menggunakan device yang dikenal dengan nama residential gateway.
- Tetapi service tidak diberikan secara perseorangan (individualized) ke masing-masing device ataupun orang yang menggunakannya.
- Jaringan broadband mobile, di lain pihak memberikan service individual/perseorangan device maupun penggunanya di manapun berada
Dalam konsep
Full Service Broadband network, kedua service tersebut (fixed dan mobile)
dikombinasikan sehingga memberikan service yang ubiqiutous (anywhere, anytime,
any device)
- Pengguna dapat melakukan autentikasi dan service dapat digunakan menggunakan device sebarang.
- Device dapat melakukan koneksi melalui jaringan akses mobile maupun fixed, memberikan kesan bahwa jaringan adalah transparan, yaitu perilaku koneksi akses yang sejenis/sama.
- Device yang terkoneksi ke jaringan LAN di rumah/kantor dapat dicapai oleh device yang sedang mobile, memberikan akses yang transparan misalnya ke stored media.
- Semua fitur di atas harus dienable dengan mudah (yang user friendly), lebih disukai apabila bisa plug-and-play.
Gambar disamping
memberikan contoh bagaimana konsep Full Service Broadband. Konsep ini adalah
konsisten dengan apa yang sudah sering kita dengar yaitu istilah Fixed Mobile
Convergent. Dalam beberapa standarisasi maka beberapa institusi standar di
dunia kurang lebih seiringan dengan apa yang disebut roadmap ke IP Multimedia
Subsystem (IMS) / Next Generation Network (NGN).
Telkom Broadband
Pada saat ini, di Telkom, broadband service
diidentikkan dengan SPEEDY. Di masa depan TELKOM harus lebih jeli melihat
persaingan di level penggunaan teknologi. Apabila tidak waspada, maka selain
driver pertumbuhan speedy yaitu content yang belum tumbuh, maka TELKOM akan
digilas oleh operator lain yang datang dengan menggunakan teknologi yang lebih
kompetitif : misalnya WIMAX
Going Digital World
Sebuah Laporan
dari Forum The ITU TELECOM WORLD EVENT, Hong Kong, 4 – 8 Desember
2006 dengan judul "Living in the Digital World" menampilkan
point-point sebagai berikut:
Konsumsi global
media saat ini didominasi oleh konsumsi dalam bentuk digital. Gambar diatas
memperlihatkan bagaimana media digital lebih banyak diminati dibandingkan
dengan media tradisional seperti radio, koran, majalah dan bioskop. Kepopuleran
media digital hampir sama dengan TV. Media digital dalam gambar tersebut
bahkan disukai oleh kelompok umur 18-54 tahun, sedangkan kelompok umur 54 tahun
ke atas lebih menyukai TV
Trend Broadband dan Akses Wireless
Gaya Hidup Digital
Di era
informasi, manusia pola hidup manusia menjadi sangat tergantung kepada
perangkat digital. Semakinmaju sebuah negara, semakin tinggi ketergantungannya
kepada perangkat digital, yang dapat dikatakan menjadi anggota tubuhnya yang
lain.Hal tersebut tidak terlepas dari hal-hal berikut ini:
Digital enabler
- Fixed broadband (xDSL, Cable modem, FTTx)
- Mobile broadband (mis. CDMA2000-1x Ev-DO, HSDPA)
- Portable internet (WLAN, WMAN,WiMAX)
Connected
Computing
- Barcode
- Telemetri
- Robot
- Konvergensi Media (Digital Audio Broadcating (DBA), IPTV, dll)
User Devices
User devices
yang paling populer adalah handphone, MP3 player, MP4 player serta camera.
Semua fungsi tersebut sekarang bisa disediakan dalam satu gadget dan sangat
disukai oleh anak-anak muda. Untuk anak muda, gadget ini menjadi identitas
diri. Di sisi lain gaya hidup sekarang terasa kurang lengkap apabila di rumah
kita tidak memiliki TV ataupun PC. Dalam lingkungan yang konvergen maka
keberadaan TV dan PC di rumah sekarang menjadi satu kesatuan dan apabila
ditambahkan dengan mobilitas maka jadilah data/video mobile.
Digital content
- Web (News, Online Store, Search Engines)
- Music
- Gambling
- Online gaming
- User generated content (Blog, Podcasting)
- Context aware service
- Digital home
Trend Telekomunikasi Dunia
1.
Telstra Vision (2005)
"Untuk
memberikan kepada kastemer sebuah pengalaman berdaya dan berkesinambungan
melalui seluruh device dan platform dengan cara melakukan 1 klick, 1 sentuhan,
1 tombol, 1 layar – baik bagi kastemer perseorangan, UKM, korporasi /
enterprise maupun badan pemerintah"
2. SingTel Strategy
SingTel memasuki era broadband dengan tiga pendekatan :- Pertama adalah pendekatan dari sisi kastemer blue chip / enterprise, dari VPN ke Managed IP Service
- Kedua adalah pendekatan menjual lambda melalui jaringan optiknya
- Ketiga broadband retail dikemas dalam Brand SingTel VideoSonic, yakni hi-speed internet, virtual studio, dll
Mengapa SingTel Fokus ke Broadband
Belgacom
Belgacom masuk ke bisnis content , khususnya entertainment dan game
Kasus British Telecom dan France Telecom
Bisnis existing British Telecom serta France Telecom menurun atau declining. Hal yang sama juga dialami oleh Telkom Indonesia. Apakah strategi yang digunakan oleh BT dan FT tersebut.Strategi yang dipilih oleh British Telecom untuk tumbuh adalah melalui dua ujung tombak, yakni
- Menurunkan biaya dengan mentransformasi infrastrukturnya menggunakan teknologi NGN.NGN di BT berperan menggantikan infrastruktur existing yang saat ini sudah berada di sisi end of lifetime dari bath-up curve nya.
- Meningkatkan pendapatannya / revenuenya dengan menumbuhkan broadband.New services datang karena x.digital, lifestyle, dsb., yang dapat diterapkan dengan diimplementasikannya NGN dengan akses broadband. Karenanya strategi NGN harus dilink dengan BB
Kesimpulannya adalah terlepas dari apakah Telco tersebut mempunyai bisnis mobile ataupun tidak, maka strategi pertumbuhannya adalah sama. Telkom dapat menggunakan BT dan FT tersebut sebagai benchmark.
Bersambung : Bab 2. DIGITAL HOME
Komentar